Guru Bahasa Berwawasan Sains

Tuesday, May 14, 2013

Waktu tak mungkin kembali. Tahun ajaran 2013/2014 segera menyambut. Semua jenjang sekolah di Indonesia harus mempersiapkan diri menyambut berlakunya kurikulum 2013. Tidak ada sikap yang patut dilakukan selain mengalir, mengikuti arah waktu berjalan. Ikuti aturan main sesuai instruksi pemerintah, sebab sekolah tidak punya kekuatan untuk menolaknya.

Di tingkat SD, jumlah pelajaran secara fisik dikurangi, walaupun secara substansi tidak ada perubahan. Pelajaran sains (IPA) dihapuskan dari susunan jadwal pelajaran. Materinya diintergrasikan ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini tidak jadi masalah karena selama ini materi pelajaran Bahasa Indonesia sudah mencakup banyak disiplin ilmu, di antaranya adalah sains. Tema bacaan atau wacana di dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia sangat beragam, sehingga guru mata pelajaran Bahasa Indonesia tidak punya cukup alasan untuk mengatakan sulit dan tidak bisa.

Perlu disadari bahwa mata pelajaran Bahasa Indonesia sebenarnya tidak bisa diajarkan secara tekstual, mesti ada ulasan terhadap wacana yang diangkat. Di tingkat SD, wawasan sains mutlak dimiliki oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Apalagi, pada kurikulum 2013 nanti materi sains "dititipkan" kepada guru Bahasa Indonesia untuk mengajarkannya.

Sementara ini, pelajaran Bahasa Indonesia mudah sekali dilempar sana lempar sini, diberikan pada siapapun yang mau mengajar. Alasannya, pelajaran Bahasa Indonesia baru dipandang sebatas mengajarkan membaca dan menulis. Jika memang demikian, siapapun bisa mengajarkan pelajaran Bahasa Indonesia.

Untuk penerapan kurikulum 2013, sepertinya pandangan yang demikian tidak lagi relevan diterapkan. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia tingkat SD harus berwawasan luas. Wawasan sains terutama mutlak dimiliki. Jika tidak, materi sains yang dititipkan kepada guru Bahasa Indonesia pun akan menguap begitu saja. Jika demikian, anak didik tidak akan memiliki pengetahuan sains.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP