Jalan Keluar Ide-Ide Kreatif

Sunday, January 10, 2010

Kesulitan utama yang dialami seseorang dalam memulai menulis adalah menemukan ide. Ini hampir pasti dialami oleh setiap penulis, bahkan penulis profesional sekalipun. Tidak percaya? Tanyai mereka satu per satu. Hanya saja, cara mengatasinya berbeda-beda.

Menulis merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Persoalannya, "apa yang hendak ditulis" itulah yang sering menjadi hambatan, terutama bagi penulis pemula atau amatir seperti saya. Kadang ide-ide yang muncul begitu banyak sehingga saling mengacaukan satu sama lain. Bingung mana yang mau ditulis. Kadang tidak ada sama sekali ide yang muncul. Ini lebih membingungkan lagi. Apalagi deadline tugas menulis segera tiba.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menemukan gagasan, bergantung pada kreativitas, sensitivitas, dan insting menulis setiap orang. Penulis profesional pun memiliki proses kreatif sendiri-sendiri sehingga gaya penulisan dan ide-ide yang dihasilkan berbeda-beda. Dan, perlu disadari bahwa ide-ide kreatif bisa dimunculkan secara sadar, bisa pula muncul begitu saja tanpa disadari atau disengaja.

Di sini akan dipaparkan cara memunculkan ide-ide kreatif secara sadar dan sengaja. Ide-ide yang muncul tanpa disengaja biarlah menjadi super bonus bagi setiap penulis.

Pertama, Membaca
Membaca berarti memberikan kesempatan kepada pikiran kita untuk menelusuri dan memahami setiap informasi yang ditemui. Informasi dapat ditemui di berbagai media cetak maupun elektronik. Membaca dapat memperkaya wawasan dan memperdalam ilmu pengetahuan. Dari sinilah ide-ide baru akan bermunculan.

Kedua, Berdiskusi
Berdiskusi atau bertukar pendapat dengan orang lain dapat menglirkan ide-ide kreatif yang bisa dilampiaskan dalam bentuk tulisan. Dari pikiran orang lain kadang muncul ide-ide yang sebelumnya tidak kita ketahui. Ide-ide tersebut bisa dijadikan topik sebuah tulisan. Kita tinggal menyelaraskan ide tersebut dengan ide atau pengetahuan yang kita miliki.

ketiga, Berjalan-jalan
Dengan berjalan-jalan, berarti melihat, mengalami, dan mengetahui lebih banyak hal di luar rumah. Hal ini memaksa kita juga berpikir lebih banyak mengenai semua hal yang kita lihat, kita alami, dan kita ketahui. Bukankah berpikir berarti memunculkan ide-ide? Jawabannya ada di dalam benak kita masing-masing.

Setidaknya, ketiga hal di atas dapat membantu kita menemukan ide-ide kreatif yang dapat dijadikan bahan atau topik tulisan kita. Dengan melakukan secara sadar dan sengaja ketiga hal di atas, ide-ide kreatif pun sering muncul tanpa disadari atau tanpa disengaja.

Selamat mencoba

Purworejo, 10 Januari 2010

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP