Yuk, Belajar Menulis! (2)

Tuesday, February 2, 2010

Pada tulisan sebelumnya, "Yuk, Belajar Menulis! (1)", kita sudah mencoba menuliskan jawaban dari pertanyaan " Di sekitar kita ada apa?" Sekarang, kita akan mencoba menjawab pertanyaan yang kedua.

2. Apa yang kita lakukan?
Jika pertanyaan di atas kurang menarik, karena akan menceritakan kita sendiri, ubah saja dengan "apa yang dilakukan orang itu". Manapun yang kita pilih, jawabannya adalah sama, yaitu kegiatan atau pengalaman. Yang satu kegiatan kita sendiri. Yang lain kegiatan orang lain.

Nah, mari kita coba berikan jawaban. Silakan Anda pilih pertanyaan yang mana. Saya akan menjawab pertanyaan "Apa yang dilakukan orang itu?"

Namanya Pak Surat. Pagi-pagi betul dia sudah berdiri di pematang sawahnya. Sejenak dia memandang sekeliling, lalu turun ke sawah dan mengayunkan cangkul. Saluran air adalah sasaran pertamanya. Dia mengalirkan air dari saluran irigasi ke sawahnya. Sambil menunggu air menggenangi sawah, Pak Surat meninggikan pematang dengan tanah.

Selisih beberapa saat dengan munculnya matahari, muncul pula dua orang pembajak (pemilik traktor). Pak Surat menghampiri mereka. Mesin traktor ditrunkan ke sawah. Mereka siap bekerja. Traktor mulai dijalankan. Sedikit demi sedikit tapi berlangsung cukup cepat, sawah Pak Surat digemburkan dan diratakan. Kini, sawah Pak Surat siap ditanami.

Itulah dua paragraf tentang kegiatan orang yang saya lihat. Apakah Anda juga sudah menuliskan jawaban Anda?

Anda bisa membaca sekali lagi tulisan Anda. Lihatlah, Anda sudah membuat paragraf naratif. Apa itu paragraf naratif? ... baca di sini!


Selamat mencoba, semoga berhasil ...

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP