Olah Raga

Wednesday, December 31, 2008


Gaya hidup dan pola kerja masyarakat modern semakin lama semakin mengurangi gerakan tubuh. Komunikasi antarruang kerja di satu kantor cukup dilakukan dengan telewicara. Melakukan kontrol ke sekeliling tempat kerja atau sekitar lingkungan bisa dilakukan dengan video pemantau, cukup pasang cctv di tempat-tempat tertentu, maka pemantauan cukup dilakukan dari satu tempat sambil duduk manis. Aktivitas-aktivitas tersebut jelas mengurangi jatah tubuh untuk bisa bergerak sesuai dengan kodratnya.

Untuk mengimbangi rutinitas seperti itu, olah raga merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Bentuk tubuh serta struktur bagian-bagiannya diciptakan untuk bisa bergerak. Sebagian besar aktivitas manusia dilakukan dengan melakukan gerakan, walau sekecil apapun. Hal ini mengukuhkan bahwa manusia harus terus bergerak.

Hampir setiap orang paham betapa pentingnya olah raga, namun dari sekian banyak orang yang paham, masih terlalu sedikit orang yang mengamalkan pemahamannya. Padahal, banyak sekali manfaat dapat dirasakan dari berolah raga, di antaranya menjaga kelenturan otot-otot sehingga tidak menimbulkan cedera ketika tubuh melakukan gerakan, memperlancar peredaran darah, dan melatih pernapasan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar tubuh kita selalu bergerak setiap hari sebanyak yang kita butuhkan. Jika tidak punya waktu untuk keluar rumah, aktivitas yang bernilai olah raga bisa dilakukan di dalam rumah. Inipun tidak perlu membeli alat yang banyak dipromosikan di televisi. Pekerjaan rumah yang bisa dikerjakan sendiri sebaiknya tidakmenggunakan tenaga pembantu, menyapu rumah menggunakan gerakan yang bernilai olah raga. Mencuci tanpa mesin cuci, menggunakan tangan sampai kegiatan menjemur pakaian menggunakan gerakan yang bernilai olah raga. Merapikan tempat tidur menggunakan gerakan yang berilai olah raga. Dan, masih banyak hal yang bernilai olah raga dapat dilakukan dalam kegiatan sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP