Menulis Itu Indah

Monday, March 22, 2010

Banyak yang bilang bahwa menulis itu susah. Ada juga yang mengatakan malas kalau diminta menulis. Macam-macam alasan untuk menghindari menulis. Padahal, menulis adalah panggilan hati agar unek-unek dapat tersampaikan, dapat tertuangkan.
Sekarang coba diingat-ingat, dirasakan, betapa lega rasanya kalau segala perasaan dan pikiran dapat diungkapkan? Mungkin selama ini ditumpahkan perasaan itu kepada teman, saudara, orang tua, atau siapa saja. Intinya kepada orang lain yang mau mendengarkan. Itu artinya, masih dibutuhkan orang lain di hadapan kita untuk bisa menuangkan unek-unek. Kalaupun ada yang bersedia mendengar, berapa lama mereka kuat bertahan sesuai yang kita perlukan untuk terus mendengar "ocehan" kita.
Bandingkan jika unek-unek itu dituangkan dalam bentuk tulisan. Kertas tak akan pernah protes hanya karena kita tulisi keluhan berapa lembar pun yang kita butuhkan. Jadikan buku harian sebagai teman terbaik untuk berbagi. Komputer atau laptop bisa juga dijadikan pilihan selain buku. Siapa tahu, catatan harian kita bisa menjadi cerita inspirasi bagi yang membacanya, atau bisa menjadi buku cerita yang laris manis di pasaran.
Banyak cara dan jenis tulisan yang dapat digunakan untuk menuangkan unek-unek. Biasanya, puisi menjadi pilihan. Selain itu, cerita juga mudah dilakukan daripada bentuk tulisan baku seperti karya ilmiah. Tulisan bisa ditulis dengan gaya bahasa yang santai atau keseharian. Ini lebih mudah dilakukan.
Namun demikian, saya perlu mengingatkan, terutama jika Anda baru mau mulai menulis atau baru mau mencoba, bahwa banyak yang mengawali sesuatu dengan mencoba, kemudian terjerumus. Contohnya, berawal dari mencoba narkoba, mereka kecanduan, lalu terjerumus dan merugikan. Oleh karena itu, siapkan mental Anda jika ingin mencoba menulis. Anda bisa kecanduan dan terjerumus. Hanya saja, kecanduan menulis lebih mendatangkan manfaat. Dan, bersiap-siaplah Anda menerima manfaatnya.
Itulah indahnya menulis. Ide-ide kreatif, keluh kesah, bahkan kekesalan pada seseorang atau pada sesuatu dapat dijadikan tulisan yang menarik. Tak akan ada yang membatasi berapapun panjang tulisan kita, kecuali kita sendiri. Jika Anda sudah terbiasa menulis, maka Anda akan bisa membuat tulisan yang indah. Anda pun bisa merasakan bagaimana indahnya menulis.

Selamat mencoba, semoga sukses ... 
Purworejo, 22 Maret 2010 


0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP