Paragraf Deskripsi

Monday, November 30, 2009

Paragraf deskripsi bertujuan menggambarkan objek sedemikian rupa sehingga seolah-olah pembaca melihat sendiri objek tersebut. Paragraf deskripsi sasarannya adalah pancaindera pembaca. Pembaca diajak membayangkan indahnya, harumnya, enaknya, lucunya, kotornya, atau lezatnya sesuatu.

Paragraf deskripsi dibedakan menjadi dua:
1. Paragraf deskripsi objektif
2. Paragraf deskripsi subjektif

Paragraf deskripsi objektif dalam pengembangannya tidak disertai opini penulis, hanya disajikan fakta-fakta atau gambaran ciri-ciri objek. Sedangkan dalam paragraf deskripsi subjektif penggambaran objek disertai opini penulis.

Contoh:
Jika diumpamakan permata, pesona Pantai Nusa Penida bak mutiara yang memantulkan cahaya putih kekuning-kuningan. Namun, jika diibaratkan gadis maka pesonanya laksana sosok perawan kencur. Itulah sesungguhnya kata yang paling tepat untuk menggambarkan pesona Pantai Nusa Penida. Maklum, pulau yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali itu memiliki hamparan pantai berpasir putih kekuning-kuningan. Dari Denpasar, Nusa Penida bisa ditempuh 1,5 jam melalui jalan darat dan menumpang kapal motor sekitar 35 menit dari pelabuhan Padangbai.

Sumber: Dawud dkk.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP