Berpikir

Tuesday, November 11, 2008

Manusia dibedakan dengan hewan karena manusia memiliki kemampuan berpikir. Manusia hidup dan bisa bertahan hidup dengan menggunakan pikiran. Sementara, hewan hidup dan bertahan hidup secara instingtif.

Berpikir diperlukan untuk memahami setiap permasalahan sekaligus untuk mencari pemecahannya. Rumit atau mudahnya permasalahan berpengaruh pada proses berpikir. Proses berpikir juga berpengaruh pada solusi yang dihasilkan.

Permasalahan yang sama jika menimpa pada orang yang berbeda, maka cara pemecahannya juga akan berbeda. Dampak yang dihasilkan juga berbeda. Oleh karena itu, nasib seseorang berbeda dengan orang lain karena pola pikir yang berbeda.

Pikiran memiliki kekuatan yang luar biasa. Kekuatan pikiran mampu membawa seseorang menjadi sesuatu yang diinginkan atau dicita-citakan. Jika kita berpikir kita akan sukses, maka kesuksesan pun akan diraih. Hanya saja, ukuran kesuksesan itu relatif, bergantung pada sudut pandang pemikirannya.

Kesuksesan dapat diraih jika seseorang tidak sekedar berpikir. Pikiran harus disertai tindakan. Sekalipun kita memiliki pemikiran yang cemerlang tentang jalan hidup kita jika tidak disertai dengan tindakan usaha yang nyata, maka yang dicita-citakan tidak mungkin diraih. Kesuksesan tidak dapat diraih hanya dengan berpikir. Itu sama saja dengan berangan-angan.


Bontang, 6 November 2008

1 comments:

Larasati November 19, 2008 at 5:10 PM  

wah iya ya pak..

lucu anaknya..

oh ya pak,, makasih udh mau koreksi esai saya

Post a Comment

  © Blogger template The Professional Template II by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP